Inilah 5 Alasan Bisnis Kamu Wajib Go Digital!

05 August 2021 - 10:56
...

 

Hai, sobat Uemkaem.id Indonesia!

Berkembangnya teknologi membuat segala sektor mau tidak mau harus berbenah. Transisi gaya hidup konvensional menuju digital yang sangat cepat, sedang diantisipasi oleh berbagai lini bisnis.

Tidak terkecuali, bisnis UMKM.

Memasarkan produk di toko pada jaman dulu memang butuh tenaga yang ekstra. Bangun lebih awal, membuka toko lebih pagi, mencatat pemasukan dan pengeluaran di secarik kertas, dan masih banyak hal-hal konvensional lainnya.

Tapi kini, semuanya sudah bisa dilakukan secara online lho, sobat!

Jika Kamu, sebagai pebisnis UMKM, masih ragu soal kesempatan emas ini. Tenang, Kami berikan 5 alasan sederhana kenapa bisnis Kamu wajib Go Digital!

 

1. Bisnis Kamu Lebih Kredibel dan Terpercaya
Sobat Uemkaem.id, sebelum adanya pandemi dan perubahan model pemasaran bisnis menjadi online, bagaimana cara sobat agar meningkatkan kepercayaan konsumen secara konvensional?

Beberapa diantara pebisnis mengandalkan teknik mulut ke mulut, dari satu konsumen ke lingkungan sekitarnya sebagai sarana membangun kepercayaan dan testimoni terhadap bisnis.

Nah, dengan konsep go digital ini, Kamu tidak perlu repot-repot khawatir akan kredibilitas bisnis Kamu. Pasarkan produkmu lewat social media, e-commerce, atau bahkan Kamu bisa memiliki website bisnismu sendiri!

 

2. Semua Katalog Produk Bisnis dalam Satu Genggaman

Keunggulan lainnya dari bisnis secara online ini adalah konsumen tidak perlu repot-repot datang ke tokomu untuk melihat katalog produk bisnis Kamu. Hanya bermodalkan gadget, konsumen bebas melihat produk yang masih tersedia.

Jika Kamu dapat mendesain katalog produkmu lebih kreatif dan inovatif, maka konsumen akan betah dan bisa langsung membeli produk yang Kamu pasarkan saat itu juga!

 

3. Bisnis Kamu Tetap Buka 24/7!

Bukan, bukan berarti Kamu harus membuka tokomu seharian penuh tanpa jam tutup. Berhubungan dengan poin sebelumnya, konsumen dapat melihat-lihat katalog produkmu walaupun di jam 12 malam, atau di jam 3 pagi.

Jadi, bisnismu secara tidak langsung tetap buka 24/7 untuk menjual produk yang konsumen suka dan butuhkan. Dan Kamu akan membuka operasional untuk melayani konsumen di pagi harinya.

Menarik, bukan?

 

4. Efisien dari Segi Waktu dan Tenaga
Memasarkan produk bisnismu lewat sosial media dan marketplace juga dapat menghemat waktu, baik dari segi penjual maupun konsumen.

Misalnya, ketika konsumen ingin datang ke tokomu, konsumen membutuhkan waktu yang lebih lama dari segi perjalanan, melihat-lihat katalog, sampai proses pembeliannya. Belum lagi jika konsumen ingin bertanya-tanya tentang produk, pasti membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Nah, hal seperti itu sekarang bisa dipangkas dengan hanya melihat produkmu di sosial media maupun marketplace. Konsumen yang sudah mengandalkan segala aspek kehidupannya dengan teknologi, secara otomatis membutuhkan sesuatu dengan mengedepankan aspek efektivitas, termasuk dari segi kebutuhan konsumsi.

 

5. Pembelian Produk Jadi Lebih Rutin

Jika biasanya konsumen yang datang untuk membeli produkmu hanya 1-2 kali saja, karena berkaitan dengan efisiensi tenaga dan waktu yang diberikan oleh konsumen di poin sebelumnya, maka dengan kehadiran marketplace e-commerce, konsumen bisa membeli produkmu jadi lebih sering dan rutin!

Kenapa bisa begitu? Karena konsumen lebih nyaman dengan bisnis yang sudah memasarkan produknya secara online. Konsumen akan memanfaatkan semua fitur dan informasi tentang produk yang ingin dibeli lewat sosial media dan marketplace.

Setiap pebisnis yang ingin go digital terkadang merasa kesulitan untuk memasarkan produknya secara online. Karena itu, 5 alasan ini menjadi jalan terjal untuk memaksimalkan keuntungan jika Kamu sulit untuk menjalankan bisnismu secara online.

Eits, tenang! Kamu tidak perlu khawatir. Selain belajar dan perdalam pengetahuan tentang cara membangun bisnis secara online, Kamu bisa perlahan-lahan pasarkan produkmu lewat jejaring sosial niaga Uemkaem.id.

Disana, Kamu akan memasarkan produkmu sebebas mungkin. Selain kategorinya beragam, memasarkan produk di jejaring sosial niaga Uemkaem.id lebih mudah dan praktis, sehingga Kamu bisa langsung pasarkan produk bisnismu saat itu juga!