Tertarik Jadi Reseller Online? Begini Tipsnya

05 August 2021 - 11:20
...

 

Di era modern bisnis reseller online adalah salah satu peluang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang cukup menjanjikan. Pasalnya Anda tak perlu membutuhkan modal besar ataupun tempat usaha.

Sayangnya para pemula kerap kali kebingungan saat akan menjalankannya. Nah, untuk mengatasi kebuntuan tersebut, ada beberapa tips berikut yang dapat Anda ikuti. Simak, yuk!

 

1. Tentukan Produk yang Menarik

Pertama-tama Anda harus memilih dan menentukan produk yang menarik. Bukan hanya sekadar menarik untuk Anda, namun juga bagi para konsumen.

Selain itu, Anda juga perlu mempelajari dan memahami product knowledge soal barang yang akan dipasarkan. Memahami product knowledge sangatlah penting karena akan memudahkan Anda menjawab berbagai pertanyaan pelanggan, termasuk bila ada yang komplain.

Hal ini juga dapat membantu meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap si penjual. Misalnya jika memasarkan produk makanan, sebaiknya Anda mengetahui dengan jelas bagaimana cara penyimpanan ataupun berapa lama daya tahan produk tersebut.

Lebih baik lagi jika Anda mengetahui bagaimana cita rasanya, sehingga bisa memberi sedikit bocoran. Siapa tahu, konsumen malah semakin tertarik untuk membelinya!

 

2. Pastikan Produsen Terpercaya

Poin penting lainnya yang perlu diperhatikan oleh para reseller online pemula adalah memastikan produsennya berkualitas dan terpercaya. Dengan begitu kekhawatiran Anda tentang kualitas barang yang dipasok produsen pun akan berkurang.

Kemudian perhatikan pula cara pihak produsen berkomunikasi. Sebab bila pihak produsen kurang aktif dan tanggap dalam merespon permintaan reseller, tentu itu akan menyulitkan dan menghambat penjualan Anda.

Selanjutnya untuk mengantisipasi keterbatasan atau stok barang habis, Anda disarankan agar tidak terpaku pada satu produsen saja. Terlebih jika Anda sedang kebanjiran pesanan. Maka itu, carilah satu atau dua produsen tambahan.

 

3. Memasarkan Produk

Saat ini, berdagang secara online bukanlah hal sulit. Sebab kini sudah tersedia beragam platform jual beli yang dapat memudahkan Anda memasarkan produk.

Akan tetapi, Anda tetap perlu memperhatikan kompetitor yang memasarkan produk serupa. Guna mengantisipasi harga jual produk terlalu tinggi, sehingga daya beli di toko online Anda melemah.

Selain ketimpangan harga, Anda juga dapat mempelajari cara kompetitor mempromosikan produknya. Misalnya apakah ada bonus atau penawaran lain sebagai trik untuk menarik minat konsumen.

Dalam memasarkan produk, Anda juga dapat memasang iklan berbayar di sosial media seperti Facebook dan Instagram, demi membuka peluang penjualan semakin banyak. Dengan begitu, meski produk yang ditawarkan serupa, Anda tetap dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

 

4. Melayani Konsumen dengan Baik

Meski tidak bertatap muka secara langsung, sebagai reseller online pun harus memperlakukan konsumennya dengan baik. Misalnya ketika menerima komplain  dengan kalimat yang kurang menyenangkan, sebaiknya Anda tetap membalasnya dengan  kata-kata penuh keramahan.

Dan jangan sampai Anda mengabaikan  pertanyaan konsumen terlalu lama. Sebab, ini akan memengaruhi penilaian konsumen terhadap kinerja toko online Anda. Akibat fatalnya, konsumen bisa saja berpaling dan enggan berbelanja lagi di lapak Anda.

 

5. Melakukan Evaluasi

Jika penjualan sudah berjalan, jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara rutin. Waktu evaluasi tersebut bisa Anda tentukan sendiri, misalnya satu bulan sekali.

Dari evaluasi itu, Anda dapat mengamati tingkat penjualan di toko online Anda. Apakah ada peningkatan, penjualan cenderung stabil atau malah terjadi kemerosotan pembelian.

Dengan begitu, Anda pun memperbaiki permasalahan yang ada sesegera mungkin. Sehingga bisnis online Anda bisa lebih berkembang.

Selain kelima poin di atas, Anda juga perlu memperhatikan sistem pengelolaan uang hasil penjualan. Sebab lewat keuntungan itu pula, reseller online dapat melebarkan sayap bisnis. Misalnya saja, Anda juga dapat menjadi produsen yang memasok barang jualan di toko online sendiri.

 

Sumber:

Merdeka. 5 Cara Menjadi Reseller Online Shop Mudah dan Menguntungkan.

CIMB Niaga. Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal Keuntungan Melimpah.