Tips dan Trik Mudah Bangun Bisnis Online

05 August 2021 - 11:14
...

 

Bisnis online kini menjadi daya tarik yang sangat menggiurkan bagi semua pebisnis. Mereka berlomba-lomba untuk mendatangkan konsumen lewat berbagai kanal digital yang telah tersedia.

Tidak dapat dipungkiri jual beli secara online dapat memudahkan semua pihak, baik dari pihak penjual maupun pembeli. Selain mudah dan praktis, semua pihak diuntungkan dari segi tenaga, waktu, dan juga uang.

Apalagi, perubahan teknologi, informasi, dan internet yang semakin pesat, rasanya memiliki bisnis secara online sudah menjadi hal wajib. Semakin banyak pos pemasukan, tentunya semakin menguntungkan bisnismu, bukan?

Namun, tidak semua pebisnis cepat mengerti dan cepat beradaptasi dalam bisnis online tersebut. Maka dari itu, Kami hadirkan 4 tips dan trik mudah bangun bisnis secara online, agar cuan yang Kamu dapatkan makin maksimal!

 

1. Tentukan Target dan Niche Market

Sebelum eksekusi bisnis online, ada baiknya Kamu tentukan terlebih dahulu target dan niche market. Beberapa pebisnis sulit untuk bisa bersaing dan memasarkan produknya karena tidak mengenal konsumen, produk, dan bisnisnya sendiri. Akhirnya, budget yang dikeluarkan dalam bisnis online, sia-sia. Penyebabnya, karena tidak ada target dan niche market yang dibangun.

Sederhananya, niche market adalah identitas yang melekat pada brand bisnismu yang akan terus diingat oleh konsumen dalam jangka waktu yang Panjang. Misalnya, Kamu sedang berbisnis makanan dan minuman sehat (Healthy Food and Beverage). Saat ini, saat pandemi COVID-19 masih menghantui, masyarakat cenderung untuk mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih sehat. Kamu bisa bangun brand makanan dan minuman sehat dengan kemasan yang kreatif, inovatif, dan tentunya punya nilai jual dan nilai keunikan tersendiri.

Semakin spesifik target dan niche market, Kamu akan semakin mudah dalam menyiapkan strategi pemasaran yang tepat untuk konsumenmu!

 

2. Buat Akun Bisnis di Marketplace

Setelah merencanakan dan menentukan target dan niche market bisnis Kamu, selanjutnya adalah buat akun bisnis di berbagai kanal marketplace yang tersedia. Sejauh ini, sudah ada beberapa marketplace / e-commerce yang terkenal dan memberikan benefit (keuntungan) yang maksimal. Kanal marketplace tersebut diantaranya ada Shopee, Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan masih banyak lagi.

Tidak lupa juga ada jejaring sosial niaga yang berfokus pada pemberdayaan UMKM lokal Indonesia, yaitu Uemkaem.id Indonesia.

 

3. Bangun Interaksi dengan Konsumen lewat Akun Resmi Sosial Media

Rasanya kurang afdol jika sudah membuat akun bisnis di marketplace, tidak Kamu “pamerkan” di sosial media. Saat ini, sosial media sudah berkembang pesat dan semakin banyak platform yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Mulai dari Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan masih banyak lagi.

Sosial media dan masyarakat memiliki hubungan yang sangat intim dan erat. Semakin erat hubungan antara brand dengan konsumen, maka konsumen pun semakin betah untuk terus up to date dengan produk-produkmu. Make it personal as possibe for your consumer!

 

4. Buat Toko Online Gratis Secara Mandiri

Tips dan trik mudah dalam membangun bisnis online yang terakhir adalah bangun toko online Kamu secara mandiri.

Saat ini, sudah banyak tata cara dalam membangun website sebagai toko online utama produk bisnismu. Jika sebelumnya Kamu mengandalkan marketplace dalam memasarkan produk. Kamu juga bisa ajak konsumen melihat-lihat katalog produk lebih eksklusif lewat website bisnismu sendiri. Salah satu contoh pembuatan website gratis untuk bisnismu adalah Wordpress.

Itulah 4 tips dan trik mudah bangun bisnis online. Semoga tips dan trik ini membantu Kamu agar bisnis Kamu go digital!